Mitigasi Bencana, Satlantas Polres Jember Bersama BPBD dan RPH Pangkas Dahan di Jalur Kumitir

0
13

 

 

Jember, Seringnya pohon tumbang dijalur kumitir yang menghubungkan Kabupaten Jember dan Banyuwangi, menjadi atensi serius jajaran Satlantas Polres Jember, dengan menggandeng BPBD dan RPH dalam melakukan mitigasi bencana dengan melakukan pemotongan dahan yang menjalar ke jalan di jalur Kumitir.

“Ini bentuk kepedulian kami terhadap pengguna jalan, dimana jalur menuju Banyuwangi, khususnya di kawasan gunung kumitir selama ini rawan terjadi pohon tumbang dan longsor, oleh karenanya kami bersama dengan BPBD dan RPH Perhutani melakukan pemangkasan dahan yang sudah rapuh di sepanjang jalur Kumitir,” ujar Kasatlantas Polres Jember AKP. Enggarani Laufria Sabtu (30/10/2021).

 

Selain melakukan pemangkasan terhadap dahan yang rapuh dan menjulur ke jalan, jajaran Satlantas juga melibatkan masyarakat sekitar untuk sosialisasi bahaya longsor, terutama saat musim hujan seperti saat ini.

 

“Kami juga melibatkan masyarakat sekitar untuk melakukan sosialisasi bencana longsor dan pohon tumbang kepada pengguna jalan, selain itu, kami juga membentuk komunitas yang didalamnya ada unsur Satlantas, BPBD, Perhutani, dan masyarakat sekitar kawasan kumitir,” beber Kasatlantas.

 

Kasatlantas Polres Jember AKP Enggar Laufria juga menghimbau kepada pengendara, agar berhati-hati saat melakukan perjalanan, terutama saat hujan turun dengan curah hujan yang tinggi dan disertai angin kencang, lebih baik berhenti dan mencari tempat aman.

 

“Karena bencana seperti pohon tumbang dan longsor tidak bisa kita prediksi, jika memungkinkan untuk berhenti saat hujan deras disertai angin kencang, lebih baik berhenti daripada terjadi hal-hal yang tidak memungkinkan,” tutup Kasatlantas. (Humas Polres Jember)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here