Inovatif, TNI AL Latihan Perang Siber Dan Perang Informasi

0
134

SURABAYA – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji memastikan kesiapan pasukannya dalam rangka manuvra lapangan (Manlap) latihan tertinggi Armada Jaya ke-37 tahun 2019. Manuvra Lapangan tersebut digelat di perairan Laut Jawa, Perairan Kangean, Pulau Sapudi, Perairan Asembagus, dan Banongan, Situbondo, Jawa Timur.
Siwi menjelaskan, pada latihan Armada Jaya ke-37 ini, pasukan dilatih memainkan berbagai serial latihan laut, udara, dan pendaratan marinir. Termasuk di dalamnya, peperangan laut modern seperti perang siber (cyber warfare), perang informasi (information warfare), dan latihan peranjauan (mine warfare).
“Memang beberapa negara sudah menggiatkan latihan perang cyber dan perang informasi ini. Ini adalah bagian yang penting dalam era digital dan informasi. Kita akan gelar dengan negara lain juga,” kata Siwi, seusai melaksanakan gelar kesiapan latihan Armada Jaya XXXVII tahun 2019 di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya, Selasa (9/7).
Siwi merasa, perang siber dan perang informasi perlu diasah. Menurutnya, di era digital dan informasi, perang siber dan perang informasi bisa jadi sesuatu hal yang membahayakan jika tidak dikuasai TNI sebagai penjaga kedaulatan Negara Kestuan Republik Indonesia (NKRI).
Maka dari itu, lanjut Siwi, satuan TNI AL juga perlu menguasai perang modern tersebut. “Ke depan peperangan siber ini menjadi peperangan yang sangat membahayakan bagi kita. Sehingga TNI Angkatan Laut perlu kita latih juga,” ujar dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here