Kapolda Sumut Pimpin Rakor Persiapan Pam Torch Relay Asian Games 2018

0
247

Beritapolisi.com – Polda Sumut, jelang Asian Games 2018 bulan Agustus polda Sumut laksanakan Rakor Persiapan Pam Torch Relay Asian Games 2018 yang di pimpin Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw didampingi Kadispora Prov. Sumut, H. Baharuddin Siagian, SH bertempat di Ruang Rapat Sinabung Mapolda Sumut, Selasa (24/7/2018) Pukul 09.20 Wib.
Hadir juga dalam rakor tersebut, Wakapolda Polda Sumut, Irwasda Polda Sumut, PJU Polda Sumut, Para Kapolres Jajaran Polda Sumut, Bupati Tobasa, Bp. Darwin Siagian, Bupati Sergai diwakili Asisten 2, Bp. Kaharudin, Bupati Simalungun diwakili Sekda, Bp. Gidiaon Purba, Bupati Deli Serdang diwakili Kabid Trakidum, Bp. Marzuki, Walikota Tebing Tinggi diwakili Sekretaris, Bp. Sugeng, Walikota P. Siantar diwakil Sekda, Bp. Budi Siregar dan Perwakilan UNESGOC.

Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw mengatakan, Asian Games sebagai kegiatan bersifat internasional dan merupakan gengsi negara Indonesia, agar kita dapat mendukung kegiatan ini secara maksimal.
“Ini adalah momen untuk menggelorakan semangat kepada para generasi penerus bangsa khususnya siswa/i seluruh Prov. Sumut dengan menghadirkan para pelajar di kegiatan ini,” kata Kapolda.
“Usulan bahwa FKPD harus terlibat dalam kegiatan lari dan membawa obor Asian Games ini guna memberikan semangat dan meningkatkan cinta terhadap Tanah Air Indonesia,” ucap Kapolda.

“Adanya gladi bersih dan viralkan kepada media untuk menunjukkan semangat dari kegiatan Torch Relay maupun kesiapan Prov. Sumut dalam pelaksanaan kegiatan ini,” tegas Kapolda.
Kita akan menggunakan jalur arteri guna memudahkan masyarakat dalam menonton kegiatan Torch Relay ini. Kapolda menghimbau Agar Dir Lantas dan para Kasat Lantas Jajaran Polda Sumut dapat memastikan keamaan dan kelancaran dari setiap jalur yang akan dilewati rombongan Torch Relay.

Wakapolda Sumut mengatakan, seluruh kebijakan diserahkan kepada daerah untuk pengamanan maupun pelaksanaan setiap kegiatan guna megkan kegiatan Torch Relay ini untuk diketahui oleh seluruh elemen masyarakat dan kegiatan ini sebagai ajang sosialisasi terhadap masyarakat dalam dan luar negeri terhadap kekayaan alam maupun budaya di Prov. Sumut.
“Terkait pelaksanaan pengamanan setiap pergerakan berharap adanya pengadaan pasukan Brimob dengan kendaraan R-2 yang mengiringi rombongan. Kita harus dapat dengan maksimal melaksanakan pengamanan tanpa ada gangguan kamtibmas yang terjadi,” ucap Wakapolda.
Karo Ops Polda Sumut mengatakan, Polda Sumut bertanggung jawab dalam sistem pengamanan kegiatan Torch Relay di wilayah Prov. Sumut sehingga dapat berjalan lancar dan dalam keadaan aman dan kondusif.
“Terkait transportasi yang digunakan, agar setiap FKPD masing-masing daerah dapat memastikan keamanan setiap alat transportasi yang digunakan sehingga tingkat kerawanan dapat diminimalisir.
Kadispora Prov. Sumut menyampaikan, Kepada masing-masing Pemkab, yang paling utama dalam kegiatan ini adalah pengarahan massa. Agar para Pemkab dapat menghadirkan massa untuk memeriahkan kegiatan ini.
“Kita berharap bahwa kegiatan ini bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan kekayaan alam, budaya dan keindahan di Prov. Sumut kepada masyarakat internasional,” kata Kadispora Prov. Sumut.
Lanjut Dispora Prov.Sumut memastikan akan mendukung seluruh kebutuhan anggaran kegiatan tersebut, agar segera laporkan terkait setiap perencanaan kebutuhan anggaran masing-masing daerah khususnya kebutuhan transportasi dan penginapan.
Perwakilan INASGOC menjelaskan, Rombongan Torch Relay akan melintasi Kabupaten Deli Serdang, Serdang Berdagai, Pematang Siantar, Simalungun, Tobasa, dan Taput.
“Api Asian Games (Api Kekal) berasal dari India dan api obor akan melintasi 54 kota di Indoensia dari tanggal 15 Juli sampai 18 Agustus 2018,” ucapnya.
“Mini Cauldron sebagai tempat penyimpan api obor di Prov. Sumut ada di Rumah Singgah Soekarno Kab. Simalungun,”kata Perwakilan INASGO.
“Tim akan bersiap melakukan acara kirab di Rumah Singgah Soekarno dan berlari menuju Pantai Bebas Kab. Simalungun dilanjutkan Acara Seremonial,” jelasnya.
‘Setelah kegiatan selesai, rombongan bergerak menuju Balige Kab. Tobasa dan melaksanakan lari hingga Bandara Silangit Kab. Taput untuk take off menuju Kota Pekanbaru Prov. Riau pada pukul 14.00 WIB”, tegasnya.
Kadispora Taput menyampaikan, Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Bandara terhadap kesiapan Bandara Silangit khususnya acara dan kegiatan yang dilaksanakan di Kab. Taput.
“Kami juga berharap keterlibatan pelajar tingkat SMA yang harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan pihak UPT dan Dinas Pendidikan dapat dilaksanakan oleh pihak Pemprov. Sumut,” katanya.
Kabag Binops Roops Polda Sumut mengatakan, Polda Sumut telah membuat TR petunjuk terkait pengamanan Rute Torch Relay di Wilprov. Sumut.
“Polda Sumut akan melibatkan sebanyak 204 personel Satgas Polda Sumut dan 917 personel Satgaswil Jajaran Polda Sumut dalam melaksanakan pengamanan di seluruh Wilprov. Sumut,” kata Kabag Binops Roops Polda Sumut. (hy/tatan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here